Hari Ini

Tips Agar Baterai Gadget Hemat dan Awet

Update Saturday 30 August 2014 at 02:32. Dalam topik Tips Trik

Tips Agar Baterai Gadget Hemat dan Awet – Sebagai pengguna aktif Smartphone dan juga Tablet PC tidak ada salahnya kita juga mengetahui bagaimana cara merawat device-device yang kita miliki tersebut. Terutama dalam hal merawat salah satu sumber daya sang device, yaitu baterai.


Sudah banyak tips yang disebarkanluaskan untuk menambah pengetahuan soal baterai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya.

Langsung saja, berikut beberapa tips untuk menjaga agar baterai Tablet PC anda bisa tahan lama (tidak cepat habis atau rusak).

Umur sebuah baterai itu ditentukan dari berapa kali jumlah isi ulang. Tergantung dari kapasitas dan kualitas si baterai.

1. Atur display sang Tablet PC
Ini adalah salah satu langkah yang paling ampuh untuk menjaga keawetan baterai kita. Caranya cukup atur tingkat pencahayaan, sebisa mungkin atur di level yang rendah agar baterai lebih hemat.

2. Stop beberapa aplikasi yang masih berjalan
Untuk menghemat penggunaan baterai, maka anda harus mengecek aplikasi apa yang berjalan di sistem, lalu memilah mana yang tidak begitu anda butuhkan, segera stop aplikasi tersebut.

3. Matikan fungsi Wifi & 3G
Alangkah baiknya anda mematikan kedua fasilitas ini bila sedang tidak membutuhkannya.

4. Fasilitas telepon
Jangan terlalu sering menggunakan fitur ini, karena akan sangat menguras baterai.

5.  Matikan fungsi notifikasi dll
Report seperti email, update dan pesan-pesan lain akan sangat menguras baterai. Setidaknya matikan fungsi bunyi dan getar ketika notifikasi masuk itu akan sangat menghmat baterai tablet pc anda.

6. Matikan Update lokasi
Settings > General > Location services | anda bisa matikan fitur ini di sana bila ingin menghemat baterai.

7. Matikan fungsi update otomatis
Setiap ada update dan anda terhubung dengan jaringan internet, maka jangan heran bila tiba-tiba baterai anda menjadi boros.

8. Jangan terlalu sering melakukan check email
Kegiatan ini merupakan salah satu kebiasaan yang bisa membuat boros penggunaan baterai.

9. Biarkan baterai kosong terlebih dahulu
Jangan lakukan ini setiap hari, tapi setidaknya lakukan sebulan sekali. Biarkan baterai kosong baru lakukan pengisian hingga penuh (100%). Ini bisa meningkatkan umur baterai anda.

10. Jangan melakukan “over charge”
Kadang orang membiarkan device mereka berlama-lama ketika discharge, bahkan mereka melakukan pengisian pada malam hari ketika tidur. Kegiatan ini akan memperpendek umur baterai anda.

11. Jaga suhu baterai
Ketika melakukan pengisian kita sering kali mendapati Tablet kita meningkat suhunya, oleh karena itu letakkan tablet di tempat yang agak sejuk, dan jangan menaruhnya di kasur (kain dll).

12. Aksesoris
Belilah aksesoris tambahan berupa charger eksternal untuk Tablet PC anda.

Demikian lah  Tips Agar Baterai Gadget Hemat dan Awet, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Baca juga info lainnya seputar Enam Proyek Percobaan Pribadi yang Luar Biasa jika pembaca tekno semua suka dengan artikel ini admin akan berterima kasih jika sobat membagi ke teman semua dengan tombol dibawah, terima kasih.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Tips Agar Baterai Gadget Hemat dan Awet"

Post a Comment